Motor induksi adalah salah satu jenis dari motor-motor listrik yang
bekerja berdasarkan induksi elektromagnet.
Motor induksi memiliki sebuah sumber energi listrik yaitu di sisi
stator, sedangkan sistem kelistrikan di sisi rotornya di induksikan melalui
celah udara dari stator dengan media elektromagnet. Hal inilah yang
menyebabkannya diberi nama motor induksi. Adapun penggunaan motor induksi di
industri ini adalah sebagai penggerak, seperti untuk blower, kompresor, pompa,
penggerak utama proses produksi atau mill, peralatan workshop seperti
mesin-mesin bor, grinda, crane, dan sebagainya.
Dalam Penggunaannya, sebagian motor induksi tiga phasa memerlukan pengereman seperti yang terdapat pada motor
crane. Pengereman dilakukan agar motor berhenti sesuai dengan letak dan posisi
yang kita inginkan. Ada banyak cara pengereman yang bisa dilakukan untuk
memberhentikan motor, akan tetapi dalam laporan ini kami akan membahas tentang pengereman
motor dengan menggunakaan Coil Brake DC.
Pengereman motor dengan menggunakaan Coil Brake DC digunakan untuk
pemberhentian putaran rotor motor induksi dengan supply tegangan DC (direct
current). Dimana tegangan AC diubah menjadi DC dengan menggunakan Rectifier
sebagai supply Coil Brake.
Pada prinsipnya motor ini dalam keadaan normal atau tidak bertegangan
maka coil break akan menahan rotor motor untuk tidak berputar sedangkan dalam
keadaan bertegangan coil break akan melepas rotor motor untuk berputar.
Motor
listrik terbagi dua yaitu :
1. Motor
arus bolak batik (AC)
Motor arus
bolak balik (AC) terbagi menjadi :
·
Motor sinkron
·
Motor Induksi terbagi lagi menjadi :
ü Motor induksi 1 fasa
ü Motor induksi 3 fasa
2.
Motor arus searah (DC)
Motor arus searah (DC) terbagi menjadi
·
Motor DC shunt
·
Motor DC seri
·
Motor DC Compound
Akan tetapi pada laporan ini menggunakan motor induksi 3 fasa, maka pada laporan kerja praktek ini
akan lebih banyak dibahas mengenai motor induksi 3 fasa.
3. 3. Motor Induksi
Motor induksi merupakan motor
arus bolak-balik (ac) yang paling Iuas digunakan. Penamaannya berasal dari
kenyataan bahwa arus rotor motor ini bukan diperoleh dari sumber tertentu,
tetapi merupakan anus yang terinduksi sebagai akibat adanya perbedaan relatif antara putaran rotor dengan medan putar
(rotating magnetic field) yang dihasilkan oleh arus stator.
Belitan stator yang dihubungkan dengan satu sumber
tegangan tiga fasa akan menghasilkan medan magnet yang berputar
dengan kecepatan sinkron (ns=120f/2p). Medan putar pada stator tersebut akan
memotong konduktor-konduktor pada rotor, sehingga
terinduksi arus, dan sesuai dengan hukum lentz, rotor pun akan turut berputar mengikuti medan putar stator. Perbedaan
putar relatif antara stator dan rotor disebut
slip. Bertambahnya beban akan memperbesar kopel motor, yang oleh karenanya akan memperbesar pula arus induksi pada
rotor, sehingga slip antara medan
putar stator dan putaran rotor pun akan bertambah besar. Jadi, bila beban motor
bertambah, putaran rotor cendrung menurun. Dikenai dua tipe motor induksi yaitu
motor induksi dengan rotor belitan dan motor Induksi dengan rotor sangkar
Gambar 3.1 Motor Induksi
dengan Rotor Belitan dan Motor Induksi dengan Rotor Sangkar
3. 3.1 Konstruksi
Sebuah motor induksi terdiri dari dua bagian utama
yaitu rotor dan stator. Rotor merupakan bagian yang berputar dan stator merupakan
bagian yang diam.
a.
Stator
Gambar 3.2 Stator
Stator
mempunyai bagian :
·
Gandar, fungsinya sebagai penopang dan
sebagai pelindung bagian dalam mesin.
·
Inti stator, terbuat dari laminasi logam yang disusun
berlapis.
·
Kumparan stator.
b. Rotor terdiri dari :
·
Inti rotor
·
Kumparan rotor
Adapun jenis
rotor dalam motor induksi tiga fasa adalah :
·
Rotor Belitan
·
Rotor Sangkar
Motor induksi jenis ini mempunyai motor dengan
kumparan yang
terdiri atas beberapa batang konduktor yang disusun sedemikian rupa hingga mempunyai sangkar tupai (lihat gambar
3.4) konstruksi rotor seperti ini sangat
sederhana bila dibandingkan dengan rotor mesin listrik lainnya. Dengan
demikian harganya pun murah, kama konstruksinya yang demikian, padanya tidak 'nankin
diberikan pengaturan tahana luar seperti pada
motor induksi dengan motor belitan. Untuk membatasi arus mula yang besar,
tegangan sumber harus dikurangi dan
biasanya digunakan ototransformator atau saklar Y – A. Tetapi berkurangnya arus akan berakibat berkurangnya kopel
Gambar 3.4 Rotor Sangkar
c.
Celah udara, untuk memberikan keleluasaan rotor untuk
berputar.
d.
Sikat (carbon brush), hanya terdapat
pada motor induksi rotor lilit yang berfungsi untuk menghubungkan
belitan rotor dengan tahanan tambahan
3.4. Medan Putar
Perputaran motor pada mesin arus bolak-balik ditimbulkan oleh adanya
medan putar (fluks yang berputar) yang dihasilkan dalam kumparan statornya.
Medan putar ini terjadi apabila kumparan stator dihubungkan dalam fasa banyak,
umurnnya tiga fasa. Hubungan dapat berupa bintang atau delta.
Disini akan dijelaskan bagannana terjadinya medan putar itu. Perhatikan
gambar 3.4 dibawah ini.
Gambar 3.4 Medan Putar
Misalnya kumparan a-a; b-b; c-c dihubungkan 3 fasa,
dengan fasa rnasing-masing 120°(gambar 3.4a)
dan dialiri arus sinusoid. Distribusi ia, ib, is sebagai fungsi waktu adalah seperti gambar 3.4b. pada
keadaan tl, t2, t3, dan 14 fluks resultan yang ditimbulkan oleh kumparan tersebut masing-masing adalab seperti
gambar 3.4 c, d, e, dan f. Pada t1
fluks resultannya mempunyai arah sama dengan arah fluks yang dihasilkan oleh kumparan a-a; sedangkan t2 fluks
resultannya dihasilkan oleh kumparan
b-b. Untuk t4, fluks resultannya berlawanan arah dengan fluks resultan yang dihasilkan pada saat tl. Dari gambar 3.4 c,
d, e, dan f tersebut terlihat bahwa fluks
resultan ini akan berputar satu kali. Oleh karena itu, untuk mesin dengan
jumlah kutub lebih dari dua, kecepatan sinkron dapat diturunkan sebagai
berikut
Ns = 120.f/p...................................................................... (3.1)
f = frekuensi
f = frekuensi
p = jumlah
kutub
3. 5. Prinsip
Kerja Motor induksi
Prinsip kerja motor induksi adalah berdasarkan
induksi elektromagnet, dimana tegangan sumber diberikan pada kumparan stator,
sehingga inti besi di stator menjadi magnet, kemudian menginduksikan magnet
tersebut ke rotor. Dengan demikian, di kumparan rotor akan terinduksi tegangan
karena kumparan rotor merupakan loop
tertutup, maka akan mengalir arus di kumparan rotor tersebut yang berinteraksi dengan medan magnet di stator,
sehingga timbullah gaya putar pada rotor yang mendorong rotor untuk berputar dengan kecepatan sinkron dan akan
mengikuti persamaan
Dengan :
N= kecepatan
putar dari medan putar stator dalam rpm
F = Frekuensi arus dan tegangan
stator
P = Banyaknya kutub
Garis-garis gaya fluks dari stator tersebut yang berputar akan memotong panghantar-panghantar
rotor sehingga pada penghantar rotor tersebut timbul Gaya Gerak Listrik (GGL) atau
tegangan induksi.
Berhubung kumparan rotor merupakan rangkaian yang tertutup maka pada kumparan tersebut mengalir
arus. Arus yang mengalir pada penghantar rotor yang berada dalam medan magnet berputar dari stator, maka pada penghantar
rotor tersebut timbul gaya-gaya yang
berpasangan dan berlawanan arah, gaya tersebut menimbulkan torsi yang cenderung memutar rotornya, rotor akan berputar
dengan kecepatan (Nr) mengikuti putaran medan putar stator (Ns).
Untuk proteksi motor induksi, biasanya kita menggunakan proteksi apa saja mas bayu yang bagus.
BalasHapussalam blogging
Request artikel perbedaan motor induksi sinkron dan asinkron mas admin.
BalasHapusTerima kasih dan salam kenal
Saran saya mas Tulisannya di pakekan hitam putih aja.
BalasHapusBiar enak dicopas ya gan?
BalasHapusmakasih ilmu nya Bang Bayu
BalasHapusPINOQQ,org | PINOKIUKIU,org | PINOKIUKIU,net | SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA
BalasHapusSITUS GAME BANDARQ ONLINE DENGAN WINRATE PALING TINGGI 90% DI PINOQQ
Bergabung Bersama kami sekarang juga di di PINOQQ
Situs GAME BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA!
Segera Daftarkan diri Anda di PINOQQ dan dapatkan Bonus yang Berlimpah.
Agen BandarQ Online Terpercaya dan Terbesar di Asia yang menggunakan Uang Asli.
MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW TERJANGKAU Rp 20.000
PINO QQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
* Bandar66 (NEW GAME)
* BANDARQ
* Poker
* Domino99
* Capsa susun
* AduQ
* SAKONG
* Bandar Poker
Keunggulan PINO
QQ :
- PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
- PROSES DEPO & WD TERCEPAT
- KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
- CS RAMAH & PROFESIOANAL SIAP MEMBANTU 24JAM
- TIPS & TRIK SELALU DI INFOKAN KEPADA MEMBER SEMUA YANNG MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
- SEMUA BANK ONLINE 24 JAM DI PINOQQ ( JIKA TIDAK ADA GANGGUAN )
Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
* BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
* BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
Atau bisa juga menghubungi kami melalui LiveChat dan WA yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
- LINE : pino_qq
- PIN BB : DD02D468
- WA:+6281231973759
Salam Sukses & Hoki
PINOQQ